Seorang pasien DBD awal mulanya menderita demam tinggi. didalam kondisi demam ini tubuh alami penguapan yang kian lebih pada umumnya, hingga bisa mengakibatkan hilangnya cairan tubuh semakin banyak dari umumnya. cairan tubuh dapat makin menyusut apabila pasien juga alami muntah-muntah serta tidak ingin minum. jadi pertolongan pertama yang terutama yaitu memberi minum sejumlah banyaknya.

Minuman yang bisa diberikan cocok selera pasien, contohnya air putih, air teh manis, sirup, sari buah, susu, oralit, dan lain-lain. memberikan minum banyak diinginkan cairan didalam tubuh terus stabil. untuk memantau apakah apakah cairan tidak kurang, cermati jumlah kencing anak. jika anak banyak buang air kecil, sekurang-kurangnya 6 kali didalam 1 hari bermakna jumlah cairan yang di minum memenuhi.

Untuk turunkan demam, bisa diberikan obat penurun demam dari golongan paracetamol atau asetaminofen, janganlah didapatkan dari golongan asetosal atau aspirin ataupun golongan ibuprofen dikarenakan bisa merangsang lambung hingga memperberat perdarahan lambung. kompres bisa menolong apabila anak menderita demam terlampau tinggi, baiknya diberikan kompres hangat serta bukan hanya kompres dingin. apabila anak memiliki kisah kejang demam, jadi disamping obat penurun panas bisa juga diberikan obat anti kejang dan obat alami untuk menyembuhkan demam berdarah dengan segera.