Mendengar kata demamnya saja kita sudah khawatir,apalagi di tambah dengan embel-embel berdarah,makin ngeri kita membayangkannya.Indonesia termasuk negara tropis yang banyak di jangkiti oleh virus yang di bawa oleh nyamuk ini.

cara aman pengobatan dbdDengue (diucapkan DENgee) adalah demam yang menyakitkan, melemahkan, yang di akibatkan oleh nyamuk yang terkait dari satu atau empat virus dengue. Virus ini terkait dengan virus yang menyebabkan infeksi Nil Barat dan demam kuning.

Setiap tahun, diperkirakan sekitar 100 juta kasus demam berdarah terjadi di seluruh dunia. Sebagian besar berada di daerah tropis di dunia, dengan risiko terbesar terjadi di

* Benua India
* Asia Tenggara
* Cina Selatan
* Taiwan
* Kepulauan Pasifik
* Karibia (kecuali Kuba dan Kepulauan Cayman)
* Meksiko
* Afrika
* Amerika Tengah dan Selatan (kecuali Chili, Paraguay, dan Argentina)

Kebanyakan kasus di Amerika Serikat terjadi pada orang yang terjangkit infeksi saat bepergian ke luar negeri. Tapi risiko ini meningkat bagi orang-orang yang hidup di sepanjang perbatasan Texas-Meksiko dan di bagian lain dari Amerika Serikat bagian selatan. Pada tahun 2009, wabah demam berdarah diidentifikasi di Key West, Florida

Demam berdarah ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi dengan virus dengue. Nyamuk menjadi terinfeksi ketika menggigit orang dengan virus dengue dalam darah mereka. Hal ini tidak dapat menyebar langsung dari satu orang ke orang lain.

Gejala Demam Berdarah

Gejala yang biasanya mulai 4-6 hari setelah infeksi dan berlangsung sampai 10 hari, mungkin termasuk:

* Tiba-tiba demam, tinggi
* Sakit kepala yang parah
* Nyeri di belakang mata
* Nyeri pada sendi dan otot
* Mual
* Muntah
* Ruam kulit, yang muncul tiga sampai empat hari setelah timbulnya demam
* Perdarahan ringan (seperti hidung berdarah, gusi berdarah, atau mudah memar)

Kadang-kadang gejala ringan dan dapat keliru bagi flu atau infeksi virus lainnya. Anak-anak muda dan orang-orang yang belum pernah mengalami infeksi sebelumnya, cenderung memiliki kasus lebih ringan daripada anak-anak dan orang dewasa. Namun, masalah serius juga dapat berkembang. Ini termasuk demam berdarah dengue, komplikasi langka yang ditandai dengan demam tinggi, kerusakan pembuluh getah bening dan darah, perdarahan dari hidung dan gusi, pembesaran hati, dan kegagalan sistem sirkulasi. Gejala-gejala dapat berkembang menjadi perdarahan masif, syok, dan kematian. Hal ini disebut dengue shock syndrome (DSS).

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, serta mereka dengan infeksi dengue kedua atau berikutnya, diyakini berisiko lebih besar untuk mengembangkan demam berdarah dengue.

Diagnosa Demam Berdarah

Dokter dapat mendiagnosis infeksi dengue dengan tes darah untuk memeriksa virus itu sendiri atau antibodi untuk itu. Jika Anda menjadi sakit setelah bepergian ke daerah tropis, biarkan dokter Anda tahu. Hal ini akan memungkinkan dokter untuk mengevaluasi kemungkinan bahwa gejala Anda disebabkan oleh infeksi dengue.

Pengobatan untuk Demam Berdarah

Tidak ada obat spesifik untuk mengobati infeksi dengue. Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki demam berdarah, Anda harus menggunakan penghilang rasa sakit dengan acetaminophen dan menghindari obat-obatan dengan aspirin, yang bisa memperburuk perdarahan. Anda juga harus beristirahat, minum banyak cairan, dan kunjungi dokter Anda. Jika Anda mulai merasa lebih buruk dalam 24 jam pertama setelah demam turun, Anda harus mendapatkan perawatan  rumah sakit segera.